Jumat, 04 Februari 2011

5 Tipe Teman yang Nggak Perlu Diajak Berteman!

Berteman itu bagus, tapi jangan sampai salah pilih teman. Percaya deh, teman-teman yang nggak asyik cuma bisa bikin stres. Pertemanan itu mestinya berdasarkan kesetaraan. Tidak boleh ada satu pihak yang lebih berkuasa yang merasa berhak menindas teman-temannya. Tidak boleh juga ada pihak yang memanfaatkan pihak lain.

Sayangnya, nggak mudah mengenali teman yang egois dan berpikiran picik. Yuk, kita kenali 5 tipe teman yang nggak perlu diajak berteman.

1. Teman yang hanya dekat kalau sedang susah
Tipe teman yang kayak gini egois banget. Kalo lagi senang dia nggak mau diajak main. Kalo kamu lagi susah & minta tolong, dia juga nggak bisa dihubungi. Tapi, kalo dia yang lagi susah, mendadak dia jadi ingat kamu. Biasanya ga pernah SMS, sekarang dia jadi SMS kamu. Dia mungkin sadar, mungkin juga nggak sadar kalau dia adalah teman yang egois. Celakanya, kamu bisa jadi terbiasa dengan pola hubungan kalian yang nggak seimbang. Nggak bisa gitu dong. Kamu kan bukan tong sampah tempat dia membuang semua kotoran dalam hidupnya.

2. Teman yang hanya dekat kalau kamu sepakat dengannya

Tipe teman yang kayak gini ingin semua orang berpihak padanya. Dia nggak mau kalo kamu nggak setuju dengannya. Kalo kamu berani-beraninya nggak setuju, dia akan memperlakukanmu dengan buruk. Mengatasi teman yang kayak gini susah-susah gampang. Kamu harus bisa meyakinkan dia bahwa dia berbeda pendapat itu baik2 aja koq. Apa asyiknya berteman kalo nggak ada keberagaman kan? Nah, teman yang ngotot kalo kamu harus selalu setuju dengan pendapatnya berarti nggak respek sama kamu. Dia harusnya paham kalo kamu juga berhak punya opini donk.

3. Teman yang marah ketika kamu membicarakan masalah antara kalian

Pertemanan ga selamanya mulus. Ada masa-masa ketika kamu en temanmu punya masalah. Kalo punya masalah, tentu kalian akan mendiskusikannya, bukan? Ada tipe teman yang suka mengungkit masalah diantara kalian. Tapi begitu kamu yang mengungkitnya, dia langsung cuek bebek... Nggak adil banget kan?

4. Teman yang keras kepala & meras benar setiap saat

Teman yang kayak gini nggak pernah merasa salah. Dia paling pinter menunjuk kesalahan orang lain, tapi dia nggak mau nerima kalau kamu menemukan kesalahannya. Sifat kayak ini sangat kekanakan. Biasanya orang kayak gini memang dimanja di rumahnya en mereka ga sadar kalau sifatnya tu bikin orang ilfil.

5. Teman yang benci kamu karena latar belakang SARA

Teman yang kayak gini paling sulit dihadapi. Setiap kalian berselisih paham, dia akan mengungkit latar belakang mu.

So, jika kamu punya teman kayak ciri-ciri diatas sebaiknya kamu ngajak temanmu untuk mendiskusikan masalah diantara kalian dengan terbuka dan kepala dingin. Kalau dia teman yang baik, dia akan malu karena telah bersikap nggak adil padamu, tapi kalau dia teman yang buruk dia akan marah-marah.
Jangan gusar, dunia sangat luas. Patah tumbuh hilang berganti; gugur satu tumbuh seribu. Carilah teman baru yang lebih pantas disebut teman.

0 komentar:

Posting Komentar